Selasa, 10 Juli 2012

Operasionalisasi Konseling Kelompok

Text Box: OPERASIONALISASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK  


No.
Komponen
Konseling  Kelompok
Rencana Kegiatan
1.
Perencanaan
1.      Membentuk kelompok
Kelompok dibentuk berdasarkan hasil need asesmen yang telah dilakukan. Jumlah anggota dalam kelompok antara 3-10 siswa. Jumlah anggota dalam kelompok usahakan ganjil. Untuk menghindari perdebatan dalam kelompok yang tak kunjung selesai atau menghindari adanya kelompok baru. Siswa yang mengikuti layanan ialah siswa yang memiliki masalah dan siswa yang memerlukan pengembangan agar potensinya berkemvang optimal
2.      Mengidentifikasi dan meyakinkan klien tentang perlunya masalah dibawa ke dalam layanan KKp
Konselor menyampaikan kepada anggota kelompok (AK) akan urgensi dari pembahasan masalah yang dialami siswa ke dalam layanan konseling kelompok. Konselor menjelaskan manfaat dan tujuan dari layanan KKp.
3.      Menempatkan klien dalam kelompok
Konselor mengkomunikasikan kepada klien mengenai posisinya, konselor memberikan kenyaman terhadap klien dalam layanan KKp mengenai masalah yang dihadapi ke dalam format kelompok sehingga secara sekarela mengungkapkan masalahnya kepada kelompok.
4.      Menyusun jadwal kegiatan
Pemimpin kelompok:
  1. Menetapkan: hari, tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan layanan  KKp
  2. Menginformasikan kepada anggota kelompok.

5.      Menetapkan prosedur layanan
Pemimpin kelompok :
  1. Membuat perencanaan satuan layanan KKp
  2. Melaksanakan layanan KKp
  3. Melakukan evaluasi pelaksanaan layanan KKp
  4. Melakukan analisis hasil evaluasi KKp
  5. Melakukan tindak lanjut hasil analisis evaluasi KKp
  6. Membuat laporan
6.      Menetapkan fasilitas layanan
Pemimpin kelompok:
  1. Menetapkan tempat (ruang) untuk pelaksanaan KKp
  2. Menetapkan meja dan kursi.
  3. Menetapkan media.
7.      Menyiapkan kelengkapan administrasi
Pemimpin kelompok
  1. Menyiapkan instrument asessmen
  2. Menyiapkan instrumen penilaian proses dan hasil KKp.
  3. Menyiapkan satlan
  4. Menyiapkan daftar hadir
  5. Menyiapkan format laporan hasil pelaksanaan
  6. Menyiapkan format laporan hasil evaluasi
  7. Menyiapkan format laporan hasil analisis dan tindak lanjut
2.
Pelaksanaan
1.      Mengkomunikasikan rencana layanan KKp
Pemimpin kelompok:
1.         Menyampaikan rencana pelaksanaan layanan KKp
2.         Mengkomunikasikan hari, waktu dan tempat pelaksanaan
3.         Mengkomunikasikan jumlah kelompok dan jumlah anggota setiap kelompok.
4.         Menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana KKp yang akan dilaksanakan.
2.      Mengorganisasikan kegiatan layanan KKp
Pemimpin kelompok:
1.      Memastikan kesiapan pemimpin kelompok
2.      Memastikan kesiapan anggota KKp.
3.      Memastikan waktu pelaksanaan KKp.
4.      Memastikan sarana dan prasana yang digunakan  dalam kegiatan KKp.

3.      Menyelenggarakan layanan KKp melalui tahap-tahap pelaksanaannya:
a.       Pembentukan
Pemimpin Kelompok membuka kegiatan KKp dengan cara:
1.      Mengucapkan salam.
2.      Mengucapkan terimakasih
3.      Berdoa.
4.      Mengenali lebih dalam anggota kelompok.
5.      Melakukan penstrukturan:
a.    Menyampaikan pengertian KKp
b.    Menjelaskan tujuan layanan
c.    Menjelaskan azas
d.   Menjelaskan peran konselor (PK) dan AK
e.    Menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan
f.     Kesepakatan waktu
6.      Bila diperlukan melakukan kegiatan selingan dalam bentuk misalnya permainan, nyanyian dll.
b.      Peralihan
Pemimpin kelompok:
1.       Mememahami suasana yang terjadi dalam kelompok dan kesiapan anggota kelompok sebelum memasuki tahap kegiatan
2.       Menanyakan kesiapan AK.
-          Jika AK belum siap maka PK kembali pada tahap awal.
-          Jika anggota kelompok AK sudah siap maka melanjuntkan ketahap kegiatan.
c.       Kegiatan
Pemimpin kelompok:
1.   Mendorong AK untuk menyampaikan permasalahannya
2.   Menyepakati masalah yang akan dibahas
3.   Menjelaskan manfaat pembahasan masalah yang telah dipilih
4.   Menjelaskan masalah yang dipilih dengan cara:
a.       Menjelaskan masalah yang dipilih
b.      Meminta AK untuk membahas masalah
c.       Mendiskusikan masalah yang dibahas, atau
d.      Menggunakan gabungan dari a,b dan c
5.   Pemimpin kelompok:
a.       Mewujudkan dinamika kelompok
1)      Keterlibatan
2)      Aktivitas
3)      Kebersamaan
4)      Interaksi
b.      Mewujudkan tujuan KKp
-          Pengentasan masalah
-          Pengembangan diri

c.       Intervensi di dalam proses dan isi bila mana proses KKp tidak lancar.
d.      Pengakhiran
Pemimpin kelompok:
1.       Mengungkapkan bahwa kegiatan akan segera diakhiri atau berakhir.
2.       Meminta AK untuk menyampaikan pesan dan kesan dalam KKp
3.       Menanyakan tentang manfaat, komitmen AK untuk menindak lanjuti
4.       Mengevaluasi dengan cara memberikan instrument evaluasi untuk diisi oleh AK
5.       Memberi kesepakatan tindak lanjut kegiatan KKp
6.       Menutup kegiatan dengan berdoa
7.       Menyampaikan salam penutup
3.
Evaluasi
1.      Menetapkan materi evaluasi
Pemimpin kelompok menetapkan hal yang perlu dievaluasi meliputi:
1.      Evaluasi proses, dengan mengamati dan menilai siswa pada keaktifannya yang meliputi:
-          Berpendapat
-          Bertanya
-          Mendengarkan
-          Merespon
-          Berempati
2.      Evaluasi hasil, dengan memberikan laiseg yang menanyakan mengenai
-          Pemahaman materi
-          Pesan dan kesan
2.      Menetapkan prosedur evaluasi
1.    Evaluasi proses: dengan mengamati hal-hal yang dilakukan oleh anggota kelompok
2.    Evaluasi hasil: dengan memberikan format laiseg
3.      Menyusun instrumen evaluasi
        1.Evaluasi proses: menyusun format
           penilaian berdasarkan aspek yang akan
           dinilai
    2.Evaluasi hasil:menyusun pertanyaan
          untuk laiseg sesuai dengan aspek yang 
          ditetapkan


4.      Mengoptimalisasikan instrumen evaluasi
1.    Konsultasi dengan dosen pembimbing
2.    Konsultasi dengan guru pembimbing di sekolah

5.      Mengolah hasil aplikasi instrumen
   1.Memeriksa evaluasi proses dan
      evaluasi hasil
       2.Menetapkan hasil evaluasi proses dan
         evaluasi hasil
4.
Analisis Hasil Evaluasi
1.      Menetapkan norma/standar analisis
1.    Norma evaluasi proses: keterlibatan, aktivitas, kebersamaan,interaksi.
2.    Norma evaluasi hasil:
a.        Tujuan masing-masing anggota kelompok
b.       Pencapaian fungsi  bimbingan kelompok (pencegahan, pemahaman, dan pengembangan)
2.      Melakukan analisis
         1. Analisis diagnosis:
                - keberhasilan
     - kegagalan
         2.Analisis prognosis:
     - Prediksi kemungkinan apa yang
       terjadi apabila berhasil
                - Prediksi kemungkinan apa yang  
                   terjadi apabila gagal
3.      Menafsirkan hasil analisis
Berdasarkan hasil analisis dapat ditafsirkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan KKp.

5.
Tindak Lanjut
1.      Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
Pemimpin kelompok:
1.        Menetapkan jenis tindak lanjut: pendalaman topik yang telah dipilih dengan:
-           KKp sesuai kebutuhan AK atau
-          Layanan lain sesuai kebutuhan AK
2.        Menentukan arah tindak lanjut: 
-          Pertemuan lanjutan atas kesepakatan dengan AK,
-          Pelaksananaan KKp sesuai dengan kebutuhan AK,
-          Pelaksanaan layanan lain sesuai kebutuhan AK



2.      Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada pihak terkait
Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut pelaksanaan layanan kepada:
-          Dosen pembimbing
-          Guru BK
3.      Melaksanakan rencana tindak lanjut
Pemimpin kelompok menetapkan:
a.        Waktu, tempat dan tujuan pelaksanan tindak lanjut.
b.       Menentukan jenis layanan tindak lanjut yang akan dilakukan
c.        Sasaran layanan
d.       Pelaksana layanan
6.
Laporan
1.      Menyusun laporan layanan KKp
Pemimpin kelompok menyusun laporan:
a.        Pelaksanaan layanan
b.       Evaluasi pelaksanaan layanan
c.        Analisis dan tindak lanjut
2.      Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
Melaporkan hasil pelaksanaan layanan KKp kepada dosen pembimbing, guru BK, koordinator guru BK
3.      Mendokumentasikan laporan layanan
Pemimpin kelompok:
       1.Menggandakan hasil laporan.
      2.Menyimpan laporan dalam bentuk hard
        file dan soft file.















images
 







PAPER
OPERASIONALISASI LAYANAN
BKP DAN KKP


Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bimbimgam dan Konseling Kelompok
Dosen Pengampu: Prof. H. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons.
                                                     Dra, Sinta Saraswati, M.Pd., Kons




oleh:
Yulia Surianingsih
1301410055





JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar