SATUAN
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN
|
Kelas :
X-10
Semester/Tahun : Genap/2012
Hari/Tanggal : Kamis, 26 April 2012
Judul/Spesifikasi
Layanan : Menentukan Pilihan
Studi Lanjut
Layanan/Bidang : Layanan
Informasi/Karir
Fungsi
Layanan :
Fungsi Pemahaman
A. Tujuan
:
1. Siswa
dapat mempersiapkan pilihan studi lanjut
2. Siswa
dapat menyusun strategi dalam menempuh studi lanjut.
B. Materi :
1. Gambaran
umum mengenai studi lanjut
2. Pilihan
jurusan/program studi di perguruan tinggi
3. Strategi
menempuh studi lanjut di perguruan tinggi.
C. Metode :
1. Ceramah
2. Presentasi
Power Point
D. Kegiatan
Awal :
1. Menyampaikan
salam pembuka kepada siswa
2. Memeriksa
daftar kehadiran siswa
3. Mencairkan
suasana (Ice Breaking)
4. Menyampaikan
judul materi yang akan dibahas
5. Menyampaikan
tujuan pemberian materi
Inti :
Eksplorasi
1. Menanyakan kepada siswa terkait yang pilihan
studi yang akan ditempuh
2. Menampilkan
media powerpoint
3. Menyampaikan
penjelasan materi.
4. Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi atau bertanya.
Elaborasi
5. Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk merencanakan pilihan studi (berpikir
logis)
6. Menginstruksikan
kepada siswa untuk menuliskan pilihan rencana studinya
7. Memberi
kesempatan pada siswa untuk menyampaikan rencana pilihan studinya
Konfirmasi
8. Memberikan
tanggapan yang positif kepada siswa yang telah memberikan tanggapan ataupun
bertanya
9. Memberikan
penguatan yang positif atas rencana studi lanjut yang telah disampaikan siswa
10. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mempertimbangkan dan memantapkan pilihan studi
lanjutnya
11. Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama kegiatan
berlangsung
Akhir :
12. Menyimpulkan
pembahasan materi yang telah disampaikan
13. Memberikan
penilaian terhadap proses kegiatan yang telah berlangsung
14. Menyampaikan
rencana yang akan disampaikan untuk pertemuan berikutnya
15. Menyampaikan
salam penutup kepada siswa
E. Alat
dan Media :
1. Laptop
2. LCD
3. Powerpoint
F. Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
Penilaian Proses : Penilaian keaktifan
siswa selama layanan berlangsung
yang meliputi aspek mendengarkan, mencatat,
menanggapi dan bertanya.
Penilaian Hasil : Penilaian dan evaluasi
mengenai pemahaman yang
diperoleh siswa, perasaan setelah mengikuti
layanan,
rencana yang akan dilakukan, tanggapan, saran, pesan
dan kesan.
G.
Sumber Sumber :
Danarga,
Sinar, dkk. 2004. Jurusan Apa buat kamu?
Yogyakarta: Penerbit Andi.
The
Liang Gie. 2000. Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa. Yogyakarta: UGM Press.
www.duniaesai.com/jurusan-di-perguruan-tinggi
Semarang,
26 April 2012
Mengetahui:
Perencana
Layanan,
Pembimbing
Kusnarto
Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Kons. Yulia Surianingsih
NIP.19710114
200501 1 002 NIM.1301410055
Tidak ada komentar:
Posting Komentar