Selasa, 10 Juli 2012

Satuan Layanan dengan format EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi)

SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN

Kelas                                                   : X-10
Semester/Tahun                                   : Genap/2012
Hari/Tanggal                                      : Kamis, 26 April 2012
Judul/Spesifikasi Layanan                  : Menentukan Pilihan Studi Lanjut
Layanan/Bidang                                  : Layanan Informasi/Karir
Fungsi Layanan                                   : Fungsi Pemahaman

A.    Tujuan                                     :
1.      Siswa dapat mempersiapkan pilihan studi lanjut
2.      Siswa dapat menyusun strategi dalam menempuh studi lanjut.

B.     Materi                                      :
1.      Gambaran umum mengenai studi lanjut
2.      Pilihan jurusan/program studi di perguruan tinggi
3.      Strategi menempuh studi lanjut di perguruan tinggi.

C.     Metode                                    :
1.      Ceramah
2.      Presentasi Power Point

D.    Kegiatan
Awal                                       :
1.      Menyampaikan salam pembuka kepada siswa
2.      Memeriksa daftar kehadiran siswa
3.      Mencairkan suasana (Ice Breaking)
4.      Menyampaikan judul materi yang akan dibahas
5.      Menyampaikan tujuan pemberian materi
Inti                                          :          
       Eksplorasi            
1.       Menanyakan kepada siswa terkait yang pilihan studi yang akan ditempuh
2.      Menampilkan media powerpoint
3.      Menyampaikan penjelasan materi. 
4.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi atau bertanya.
       Elaborasi                           
5.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merencanakan pilihan studi (berpikir logis)
6.      Menginstruksikan kepada siswa untuk menuliskan pilihan rencana studinya
7.      Memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan rencana pilihan studinya
         
       Konfirmasi                      
8.      Memberikan tanggapan yang positif kepada siswa yang telah memberikan tanggapan ataupun bertanya
9.      Memberikan penguatan yang positif atas rencana studi lanjut yang telah disampaikan siswa
10.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempertimbangkan dan memantapkan pilihan studi lanjutnya
11.  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung
Akhir                                       :
12.  Menyimpulkan pembahasan materi yang telah disampaikan
13.  Memberikan penilaian terhadap proses kegiatan yang telah berlangsung
14.  Menyampaikan rencana yang akan disampaikan untuk pertemuan berikutnya
15.  Menyampaikan salam penutup kepada siswa
                                                 
E.     Alat dan Media                       :
1.      Laptop
2.      LCD
3.      Powerpoint

F.      Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
Penilaian Proses                      : Penilaian keaktifan siswa selama layanan berlangsung
  yang meliputi aspek mendengarkan, mencatat, 
  menanggapi dan bertanya.
Penilaian Hasil                        : Penilaian dan evaluasi mengenai pemahaman yang
  diperoleh siswa, perasaan setelah mengikuti layanan,
  rencana yang akan dilakukan, tanggapan, saran, pesan
  dan kesan.
           
G.    Sumber Sumber                       : Danarga, Sinar, dkk. 2004. Jurusan Apa buat kamu?
Yogyakarta: Penerbit Andi.
The Liang Gie. 2000. Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa. Yogyakarta: UGM Press.
www.duniaesai.com/jurusan-di-perguruan-tinggi
                                                                              
Semarang, 26 April 2012
Mengetahui:                                                                            Perencana Layanan,
 Pembimbing



Kusnarto Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Kons.                            Yulia Surianingsih
NIP.19710114 200501 1 002                                                  NIM.1301410055

Tidak ada komentar:

Posting Komentar